Friday, September 5, 2008

"suwe ora jamu/ketemu"

Dibulan Ramadhan yg penuh berkah banyak hal yg berubah, mulai dari kebiasaan makan sampai kebiasaan "Ngapelin Sang Kekasih" (beribadah kepada Allah). Sebelum bulan Ramadhan: setiap ada makanan di mana aja & kapan aja langsung disambar, lalu bingung ketika berat badan terus bertambah; "Ngapelin Sang Kekasih" pun malas2an, shalat Subuh keduluan mentari tersenyum lebar di ufuk timur, Shalat dhuhur mepet shalat Ashar bahkan sering digabung, Shalat Maghrib nunggu berita di TV habis, Shalat Isya' berhimpit dengan Tahajud, itu pun jika ga malas bangun tidur disaat dewi mimpi memeluk mesra jiwa2 di bumi.
Sekarang, bulan Ramadhan yg penuh berkah merubah semua kebiasaan buruk di atas & mendisiplinkan diri kita. Kita jadi sadar (tahu) berapa porsi makanan, minuman (air) & udara bagi tubuh kita. Ketika sahur, sedikit makanan & minuman sudah cukup untuk mengenyangkan perut kita (mungkin masih ngantuk & ga pingin makan-minum). Ketika berbuka, kebanyakan orang merasa bahwa sedikit makan & minum ternyata cukup untuk mengenyangkan perut. Dan kita justru tersiksa, jika tetap memaksakan makanan & minuman masuk ke tubuh kita yg sudah kenyang. Akhirnya kita sadar, bahwa tubuh kita membutuhkan makanan, minuman & udara dalam porsi yg cukup, kelebihan atau kekurangan dari ketiga kebutuhan tersebut akan menyiksa tubuh kita.
Di bulan ini kita juga semakin sayang pada "Sang Kekasih" karena "ngapelnya" bisa tepat waktu, bahkan semakin banyak waktu untuk bercumbu dengan "Sang Kekasih" karena di bulan Ramadhan ada Shalat Tarawih yg cukup panjang. Dan ga ada orang yg merasa terganggu ketika ada orang yg membaca keras2 "Surat Cinta dari Sang Kekasih" (Al-Qur'an).
Berkah lain di awal bulan Ramadhan ini adalah teman2 lama yg sudah lama ga jelas rimbanya kini berjubel di HPku:
"Marhaban ya Ramadhan dik oon, beberapa waktu yg lalu daku iku tim motocross dari jakarta balap di cilacap, tapi maaf ga kontek2 daku lupa kamu".
(SMS dari pak Gandung,temn lama warga kost tutul9B).
"Scan virus2 ukhuah di memori hatimu, shutdown smuakilaf, delet sgl prasangka, restart ibadah kita di bulan ramadhan ini, maaf lahir batin atas kilafku, marhaban ya ramadhan".
(entah dari siapa, dari nomornya mungkin teman lama Solo-Jogja 5tahun yg lalu ketika saya masih memakai nama "viruscintakasih" di udara Solo-Jogja).
Dan masih banyak lagi SMS dari temen2 lama yg senada dengan SMS2 di atas. Namun ada SMS yg ga ada sangkutpautnya dengan bulan Ramadhan:
"Cinta Laura ikut audisi Indonesia Idol! Simak lagunya berkut ini!
so why or a jump you... jump you go down tell a....
so why or a cat em you... cat em you peace and ga why gell a.....".
(dari 083183XXX entah siapa, mungkin korban demam cinta laura. siapa pun pemilik nomor itu/pengirim SMS itu, inyong ngucapin mathur thank you.... telah bikin inyong tersenyum 'N mohon dipersorry ga inyong balas karena nyong agak trauma ama nomor2 baru tanpa identitas yg nylonong ke HP inyong, terkadang berujung CHAOS....!!! kali lain pakai nama yo....)
Ramadhan emang asik BGT!

No comments: