Monday, September 1, 2008

si iput (umat Allah)

Alhamdulillah....... kita memasuki bulan Ramadhan lagi. Bulan yg penuh kebaikan & keberkahan, dimana Allah menurunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi seluruh manusia. Bulan dimana orang2 yg beriman diwajibkan untuk berpuasa:
"Hai orang2 yg beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang2 sebelum kamu agar kamu bertakwa (Q.S. : 2 ayat 183)".
Sebenarnya aku mau mengisi blog ini dengan tulisan tentang Puasa, namun ketika membuka2 catatan2 dibulan puasa tahun kemarin, kutemukan catatan kecil yg menyita perhatianku:
Jwbn to iput:dlm ikhlas ada rasa tulus (murni) & kesiapan jiwa tuk menghadapi apa yg terbaik bagi kita menurut Alloh (smua hal yg terjadi). kesiapan jiwa ini dpt memperpanjang harapan hidup.
Sedangkan putus asa: ada rasa kecewa & tdk ada kesiapan jiwa tuk menghadapi apa yg terjadi karena ketidaktahuan tentang yg terjd, mengakibatkan kondisi tubuh & jiwa rapuh sehingga memperpendek harapan hidup. (dll. pulsaku ga cukup tuk jelaskan semua). Selebihnya "Ungu" yg jwb "sesungguhnya".
Itu jawaban untuk Iput yg menanyakan perbedaan ikhlas dengan putus asa satu tahun yg lalu, yg kukirim via SMS ke Bchy-FM. Memang bukan jawaban yg sempurna & dan kali ini aku ga akan membahas panjang-lebar tentang hal itu.
Sebenarnya aku tidak kenal dengan Iput, bahkan batang hidungnya pun aku belum pernah lihat. Namun kami sering beropini di "bikini"nya Bchy-FM (bincang2 minggu ini). Opini Iput yg singkat, padat & terkadang pedas seringkali menjadi inspirasi bagiku.
Walaupun aku ga kenal Iput secara langsung, tapi aku kenal beberapa teman dekat Iput. Dari teman dekatnya aku dapat informasi bahwa Iput sebenarnya dalam keadaan sakit berat. Awalnya aku kaget mendengar info tersebut, namun tak lama kemudian kekagetanku tersebut berubah menjadi takjub bin kagum. Karena, dalam keadaan seperti itu dia masih bisa berpikir cerdas.
Aku jadi ingat kata para pak ustad: "bahwa Allah tidak akan menguji (memberi cobaan) umat-Nya melebihi batas kemampuan umat-Nya". Berarti setiap umat mempunyai kemampuan untuk menghadapi & menyelesaikan ujian dari Allah dengan baik. Dan jika begitu, Iput adalah salah satu umat Allah yg HEBAT karena dia diuji dengan ujian yg sangat teramat berat!
Salam hormat buat Iput! Walau akhir2 ini aku ga pernah dengar kabar tentang dia, tapi ada kebanggaan tersendiri bagiku yg pernah sedikit mengenal dia & sedikit pernah berinteraksi dengan orang sehebat dia.
Semoga Iput senantiasa sadar akan kemampuannya sehingga dapat menghadapi & lulus ujian dengan nilai yg SANGAT BAIK BANGAT..........!!!!!
(amin....)

No comments: