Wednesday, May 21, 2008

KEBIJAKSANAAN

Apa itu kebijaksanaan?
Kali ini kita akan belajar bersama Soren Gordhamer, berikut tulisan beliau yang kurangkum:
Ada perbedaan antara kebijaksanaan dan pengetahuan. Orang bisa saja mengatakan bahwa kebijaksanaan adalah pengetahuan yang dibawa masuk ke dalam hati seseorang untuk kemudian dirasakan atau dialami sebagai kebenaran. Kita tidak bisa mendapatkan kebijaksanaan dengan cara pasif menerima apa yang kita baca atau dengan mempercayai apa yang dikatakan orang lain kepada kita. Sebelum informasi yang kita baca atau dapat dari orang lain itu diuji oleh pengalaman kita sendiri, tidak mungkin ada kebijaksanaan. Kebijaksanaan memerlukan perhatian terhadap kehidupan dan kesediaan untuk bertanya dan mengalami langsung apa yang benar.
Buddha berkata bahwa tidak seharusnya Anda mempercayai sesuatu hanya karena ia ditulis dalam sebuah buku, atau karena orang yang mengatakannya telah dikenal dengan baik, atau seorang guru, atau seorang yang lebih tua, atau apapun. Buddha menyarankan untuk hanya percaya pada sesuatu setelah Anda mengujinya dalam hati Anda dan menemukan bahwa hal itu benar. Kebijaksanaan hanya dapat dicapai dengan eksperimentasi inner semacam ini dan kesediaan untuk mengalami dan melihat untuk diri sendiri.
Lao-tzu pernah berkata, "Mengenal orang lain adalah kecerdasan,mengenal diri sendiri adalah kebijaksanaan sejati."
Jangan berpikir bahwa kebijaksanaan berarti selalu mengetahui semua jawaban. Kerena kebijaksanaan merupakan suatu keadaan pikiran, keterbukaan pikiran, yang mengeksplorasi dan menyelidiki kebenaran. Kebijaksanaan tidak memiliki jawaban untuk segala hal. Kebijaksanaan memiliki kesediaan atau kerelaan untuk belajar dan tidak menentang dan menyembunyikan ketidak tahuan. Jadi, jika tidak tahu bagaimana cara menggunakan suatu alat atau tidak nyakin apa arti dari sebuah perkataan seseorang , cobalah (walau tidak selalu berhasil) untuk mengatakan: bahwa kita tidak tahu bagaimana sesuatu bekerja atau makna dari sebuah kata, namun kita ingin mempelajarinya.
Kebijaksanaan bukan merupakan sesuatu yang bisa direbut oleh satu orang dan disimpanya untuk diri sendiri. Mencoba menangkap dan memegangnya erat-erat akan membuatnya terlepas dari genggaman Anda. Kebijaksanaan merupakan sebuah proses. Ia meminta untuk menjadi keduanya, murid dan guru. Ini merupakan sebuah usaha bersama.

No comments: