Wednesday, July 30, 2008

iman (hati) vs akal (otak)

inyong beli buku baru, "Menguak Rahasia Ilmu Kedokteran dalam Al Qur'an" penulis Dr. dr. H. muhammad Washfi dan "Melogikakan Rukun Islam" penulis Imam Musbikin.
kok tentang Al Qur'an lagi??! Ya. saya sendiri juga heran. Saat ke toko buku niatnya cuma lihatlihat, siapa tahu ada buku yang keren untuk di baca. Karena, seringkali ketika waktu berlalu tanpa membaca seperti cinta tanpa kesetiaan, liar dan hambar. GUBRAX'S.. KRIUXS....!!!! (garing BGT dab!!).
Bagaikan anak kecil di arena bermain, mataku bersinarsinar setiap kali berada di toko buku. Kesanakemari, ingin baca semua buku yang ada. "Laskar Pelangi" adalah novel yang lama banget kupelototi, tapi entah kenapa yang kubeli buku tentang Al Qur'an.
Sesampainya di rumah saya baru sadar, bukankah buku terakhir yag kubaca juga tentang Al Qur'an?! (AL Qur'an, Surat Cinta Sang Kekasih). Apakah ini petunjuk kosmis (dari Allah)??? Beberapa bulan yang lalu saya udah beli Al Qur'an +terjemahan tapi jarang kubaca karena tebal BGT! berat untuk dibawa kemanamana dan ketebalannya bikin nyali membaca jadi ciut!! sehingga Allah menuntun saya untuk membaca bukubuku tentang Al Qur'an yang lebih tipis dan bisa dibawa kemanamana??
Entahlah, beberapa bulan terakhir saya seperti non Muslim yang lagi penasaran dengan Islam. Semua berawal dari obrolan dengan Pemuda Masjid, yang setiap ngobrol dengan dia katakata dia yang terdengar di telingaku selalu "Karena Al Qur'an mengatakan seperti itu maka saya percaya/mengimani." Dalam hati selalu bertanya, "Kenapa saya tidak bisa seperti itu?" Iman dalam hati selalu bergejolak karena akal yang ada di dalam otak selalu bergeliat bertanyatanya.
Saya seperti kebanyakan orang barat dan orangorang zionis yang diperbudak akal (otak). Namun, saya seringkali tersungkur sujud dalam medan energi iman ketika Al Qur'an menjawab semua tanya dari otak. Bukubuku yang menjabarkan Al Qur'an seakan "menertawai" akal yang sebenarnya bodoh dan kecil dihadapan iman.
Beberapa waktu yang lalu saya berselancar di internet banyak banget tandatanda kebesaran Allah: jilatan api di ledakkan pipa pertamina di lumpur lapindo yang membentuk kaligrafi Allah, gelombang stunami di Srilangka juga berbentuk kaligrafi Allah ketika terlihat dari photo satelit, kebenaran dalam Al Qur'an (Q.S. Al-Qamar:1) "sungguh telah dekat hari qiamat dan bulan pun telah terbelah" ternyata menurut pakar antariksa bulan memang pernah terbelah, dan masih banyak lagi kejadiankejadian yang hanya bisa diimani tanpa bisa masuk diakal.
(QS. Hud:1) "Alif laam raa, (inilah) suatu Kitab yang ayatayat-Nya disusun secara rapi serta dijelaskan secara terperinci, yang diturunkan dari sisi (Allah) Yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu."
(QS. Fushshilat:53) "Kami akan memperlihatkan kepada mereka tandatanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelas bagi mereka bahwa Al Qur'an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?"
Dalam bukunya "Menguak Rahasia Ilmmu Kedokteran dalam Al Qur'an" Dr. dr. H. Muhammad Washfi berkata, "Begitulah, kita tidak menemukan satu pun huruf dalam Al Qur'an yang tidak mempunyai arti. Dan kita melihat, setiap huruf dalam Al Qur'an mengisyaratkan tujuan yang paling cermat dan makna yang paling luhur yang tidak bisa diketahui oleh orang yang tidak menghayati kitab Allah dan tidak merenungkan lafazlafaz serta maknamaknanya."
Semua ini seakan bertanya:
Bagaimana On??? masihkah otakmu liar dalam keraguan???

No comments: