Saturday, December 8, 2007

Memberikan Perhatian Berarti Memberikan Energi

Ada suatu percobaan yang menarik:
3 botol("A","B", dan"C") masing-masing di isi nasi, setiap hari selama satu bulan, botol "A" diberi ucapan "terima kasih", botol "B" diberi ucapan "kamu bodoh", dan botol "C" tidak diberi ucapan apa-apa. Setelah satu bulan, nasi dalam botol "A" membentuk fermentasi dengan bau alkohol yang khas, nasi dalam botol "B" menjadi basi dan berwarna hitam, sedangkan nasi dalam botol "C" ternyata menjadi basi lebih cepat.

Tampaknya, diejek lebih baik daripada tidak diperhatikan. Hal terberat dalam hidup kita adalah tidak dipedulikan atau tidak diperhatikan. Dengan memberikan perhatian kepada suatu benda atau orang lain,berarti kita memberikan energi kepada benda atau orang tersebut.

Misal jika Anda berbicara kepada tumbuhan saat menyiram, tumbuhan akan tumbuh lebih cepat dan menghasilkan bunga-bunga yang lebih indah. Dengan menerima perhatian, kehidupan akan memperoleh energi untuk menjadi lebih baik.

Jika kita ingin agar karyawan dapat berkerja dengan baik, bicarakan berbagai hal yang dapat meningkatkan kinerja mereka. Jika ingin mendisiplinkan anak-anak, katakanlah hal-hal yang positif dan memberikan inspirasi.

Jika kita sakit atau terluka, perlakukan sel yang sakit atau terluka dengan baik. memberikan perhatian penuh terhadap bagian tubuh yang sakit akan mempercepat penyembuhan. Kita harus ingat bahwa kita dapat hidup sehat, salah satunya karena peran bagian tubuh yang sakit tersebut. Jadi sebaiknya kita selalu berterimakasih kepada setiap anggota tubuh kita.

Jika ada orang yang sakit di sekitar kita, ucapkanlah sesuatu yang menyenangkan hatinya. Sadarilah dengan adanya dia, hidup kita menjadi "kaya dan bermakna" karena konstribusi yang dia berikan. Mari beri semangat kepadanya dengan mengatakan kata-kata yang positif sepenuh hati. Dengan demikian, kita dapat berharap ia sembuh dengan cepat.

No comments: